Surga Di Pulau Capri

Surga Di Pulau Capri

In News by Brennan Campbell

Apakah Anda tahu dimana pulau Capri itu ? Pulau yang terletak di laut lepas Semenanjung Sorrentine, di bagian selatan Teluk Napoli ini merupakan salah satu pulau yang menjadi bagian utama dari Republik Roma, Italia. Pulau Capri sendiri terletak di wilayah Campania, Provinsi Napoli, dengan kota terbesarnya adalah Capri. Luas wilayah pulau Capri adalah 10,4 kmĀ².

Bagi Anda yang memiliki hobi travelling atau berpergian ke luar negeri haruslah mengenal pulau Capri ini, karena pulau ini memiliki banyak tempat wisata indah bagai surga yang bisa Anda kunjungi. Salah satu tempat atau yang membuat pulau ini menjadi popular adalah The Blue Grotto atau yang lebih dikenal di Italia dengan nama Grotto Azzurra, adalah gua laut yang berada di pantai pulau Capri. Gua ini memiliki panjang sekitar 50 meter ke tebing permukaan, dan memiliki kedalaman sekitar 150 meter atau 490 kaki, dengan dasar gua yang berpasir.

Di gua ini, sinar matahari melewati rongga bawah laut dan bersinar malalui air laut, sehingga menciptakan pantulan biru yang sangat indah yang menerangi gua. Mulut pada gua ini memiliki lebar sekitar 2 meter dengan tinggi sekitar 1 meter. Karena alasan ukuran mulut gua inilah, pengunjung hanya bisa mengakses gua saat keadaan arus rendah dan laut tenang. Di dalam gua ini juga pengunjung dilarang untuk berenang, dikarenakan alasan keamanan dan untuk menjaga kejernihan dari air yang ada di dalam gua.

Sejarah dari gua ini sendiri merupakan gua yang pada zaman Romawi digunakan sebagai lubang tempang berenang pribadi bagi Kaisar Tiberius serta digunakan sebagai kuil laut. Kaisar Tiberius sendiri merupakan seorang kaisar Romawi yang memerintah pada tahun 14 Masehi hingga 37 Masehi. Kaisar Tiberius pindah dari ibukota Roma menuju pulau Capri pada tahun 27 Masehi. Selama pemerintahannya, gua The Blue Grotto dihiasi dengan berbagai patung serta tempat beristirahat disekitar tepi gua.

Pulau Capri

Pada bagian belakang gua utama The Blue Grotto, terdapat tiga jalur penghubung. Satu jalur ini menghubungkan dengan Sala dei Nomi atau Room of Names, yang berisi tanda tangan graffiti yang ditinggalkan oleh banyak pengunjung selama berabad-abad. Dua bagian jalur yang lain mengarah lebih dalam ke tebing di sisi pulau, diperkirakan bahwa bagian ini merupakan tangga kuno yang menuju ke istana milik Kaisar Tiberius.

Selama abad ke-18 Masehi, gua The Blue Grotto ini diketahui oleh penduduk setempat melalui pendaratan terdekat di pantai Gradola, salah satu pantai yang berada di pulau Capri. Namun banyak pelaut maupun penduduk pulau menghindari pantai Gradola tersebut, dikarenakan konon panati tersebut dihuni oleh penyihir dan monster. Kemudian, pada tahun 1826, gua The Blue Grotto ditemukan kembali oleh public.

Keindahan The Blue Grotto tidak perlu diragukan lagi, salah satu gua dari beberapa gua laut diseluruh dunia ini dibanjiri cahaya biru atau zamrud yang cemerlang dan sangat indah. Meski kualitas dan sifat warna cahaya di setiap gua berbeda dan ditentukan oleh kondisi pencahayaan tertentu di gua itu dalam kasus The Blue Grotto sendiri, cahaya muncul dari dua sumber.

Sehingga efek cahaya yang dihasilkan sangat memukau, pengunjung dapat membuktikannya dengan cara menempatkan tangan di air, maka pengunjung dapat melihat bersinarnya cahaya dalam air tersebut. Mengetahui indahnya gua The Blue Grotto ini, apakah Anda memiliki keinginan untuk berkunjung ? Pastikan apabila Anda berkunjung ke negara Italia, Anda juga akan mengunjungi gua teindah di pulau Capri ini.