Liburan Ke Italia dengan Mengunjungi Menara Pisa

Liburan Ke Italia dengan Mengunjungi Menara Pisa

In News by Brennan Campbell

Italia merupakan negara di Uni Eropa yang sangat kaya akan destinasi wisata. Baik dari wisata alam, wisata budaya, wisata bangunan maupun wisata seni musik semua ada di kota ini. Bahkan, wisata yang merupakan keajaiban dunia pun ada di negara ini berupa Colosseum dan Menara Pisa. Bila Colosseum terkenal dengan sejarah pertumpahan darah dan besarnya bangunan, maka menara pisa memiliki daya tarik tersendiri mengapa disukai oleh banyak orang.

Yaitu dari posisi menara itu sendiri yang memiliki posisi miring. Keunikan dari menara ini membuat liburan Anda kurang sempurna bila belum mendokumentasikan kunjungan Anda ke menara cathedral yang satu ini. Bukan hanya destinasi wisata unik, namun menara pisa juga merupakan cathedral yang ada di kota Pisa, negara Italia. Sebagian besar wisatawan manca negara tentu akan menyempatkan diri untuk mendatangi menara yang sangat menarik ini.

Di balik keunikan yang ada pada menara pisa di negara Italia, ternyata keunikan ini memiliki latar belakang yang cukup mengejutkan. Siapa yang menyangka bahwa miringnya menara ini adalah dikarenakan kesalahan pembangunan yang tidak disengaja? Ternyata, sebenarnya perencanaan dalam pembangunan menara ini bukanlah menara dengan bentuk miring, melainkan menara yang dibangun lurus ke atas seperti menara yang ada pada umumnya.

Namun, terdapat kesalahan pada saat penghitungan konstruksi bangunan dan juga faktor tanah yang labil. Hal ini disadari pada saat dimulai pembangunan sekitar bulan Agustus di tahun 1173. Kemiringan dari menara ini memiliki ukuran yang cukup unik, yaitu setinggi 56 meter untuk tanah dengan permukaan yang tinggi dan setinggi 55 meter pada permukaan tanah yang lebih rendah. Alhasil, menara yang memiliki 295 tingkatan anak tangga ini sempurna dikatakan sebagai menara dengan bentuk yang miring.

Dimulai dari kesalahan dan ketidaksengajaan, ternyata menara ini menarik perhatian warga dunia dan banyak diminati oleh para wisatawan untuk mengabadikannya. Sehingga, menara ini pun lambat laun dinobatkan sebagai satu dari tujuh keajaiban dunia. Pembangunan menara ini bukan merupakan pembangunan yang tidak membutuhkan penngorbanan, karena memakan waktu selama 200 tahun untuk bangunan ini benar-benar sempurna dan kokoh berdiri.

Wista di Italia, Menara Pisa

Hal ini tentu saja menjadikan menara pisa sebagai salah satu menara yang dibangun secara turun-temurun karena umur manusia tentu tidak banyak yang mencapai 200 tahun lamanya. Perkembangan menara pisa sebagai destinasi wisata pun tidak selalu berjalan mulus. Di sekitar awal tahun 1990, Menara Pisa pernah dinyatakan ditutup untuk wisata umum, padahal sebelumnya bangunan ini sangat menyedot banyak wisatawan dari berbagai belahan di dunia. Hal ini dikarenakan terjadi kerusakan pada cathedral unik ini.

Kerusakan tersebut disinyalir karena adanya kemiringan dari bangunan yang semakin bertambah. Bertambahnya kemiringan ini pun bukan pertambahan yang kecil, melainkan pertambahan yang cukup besar yaitu mencapai perbedaan 4-5 meter dari kemiringan yang sebelumnya. Masa penutupan wisata dari bangunan ini digunakan sebagai waktu bagi pemerintah setempat untuk melakukan rekonstruksi dari bangunan agar bisa dipakai kembali dan tidak membahayakan bagi masyarakat dan wisatawan.

Pada akhir tahun 2001, menara pisa kembali dibuka karena rekonstruksi yang dilakukan sudah selesai. Rekonstruksi ini melibatkan pemindahan beberapa beban yang ada di menara agar tidak terjadi lagi kemiringan seperti sebelumnya. Kini, ketika Anda berlibur ke Italia pun Anda bisa menikmati keindahan dari keunikan yang dimiliki menara pisa dengan aman.