Keindahan Warna-Warni Pulau Burano di Italia

Keindahan Warna-Warni Pulau Burano di Italia

In News by Brennan Campbell

Bila Anda sedang bepergian ke negara Italia, maka ada baiknya Anda mengunjungi pulau Burano agar liburan Anda semakin sempurna. Burano merupakan nama dari sebuah pulau yang letaknya tidak jauh dari kota Venesia. Tepatnya, letak Burano dari Venesia adalah sebelah utara dari kota tersebut. Untuk mencapai pulau Burano, Anda hanya perlu untuk mempersiapkan waktu selama 40 menit saja jika berangkat dari Venesia menggunakan kendaraan perahu.

Sebenarnya, Burano adalah pulau biasa dengan kehidupan nelayan di dalamnya. Namun, yang menjadi keindahan dari desa ini adalah kentalnya tradisi dan adat romawi yang masih melekat pada penduduk nelayan yang ada di kota ini. Sedangkan, salah satu tradisi yang masih berjalan di pulau ini adalah pembangunan rumah yang penuh warna seperti pelangi. Sehingga dari kejauhan pun, Anda akan disuguhi pemandangan indah berupa jajaran rumah dengan warna-warna mencolok yang cukup unik, dan warna dari rumah satu dengan rumah yang lain sama sekali berbeda.

Pada mulanya, desa ini memiliki rumah yang tidak terbuat dari tembok, namun berupa anyaman bambu dengan campuran lumpur untuk memperkuat bangunan. Lalu, beberapa tahun kemudian mereka pun memperbaharui bangunan dengan membangun rumah dari tembok dan mewarnainya dengan warna yang sangat cantik.

Biasanya, warna yang dipilih para warga sengaja dibedakan dengan warna rumah tetangga sebelah, sehingga warna dari tiap rumah tidak akan sama dan menciptakan keindahan lingkungan yang menarik untuk dipandang. Banyak wisatawan yang hadir ke desa ini untuk menikmati keindahan dari rumah penduduk Burano. Selain keindahannya, wisatawan juga biasanya mencari tahu asal muasal penduduk Burano memasang warna yang begitu cerah untuk setiap rumah yang ditinggalinya.

Ternyata, asal mula warna dari setiap rumah ini tidak semata-mata untuk unsur keindahan saja, melainkan terikat karena kebutuhan. Ada beberapa nelayan yang berkata bahwa mereka mengecat rumah dengan warna cerah karena Burano adalah salah satu desa yang memiliki kabut tebal di setiap paginya. Sehingga, seringkali nelayan yang sedang pulang dari mencari ikan di lautan kebingungan letak rumah yang mereka tinggali karena kabut yang begitu tebal.

Pulau Burano di Italia

Untuk mengatasi hal ini, para nelayan pun sepakat untuk memberi warna cerah pada bangunannya sehingga mereka akan mudah menemukan rumah tempat tinggal mereka ketika berada dalam perjalanan pulang ke rumah. Meskipun alasannya sangat sederhana, namun budaya ini begitu terjaga dan rumah para nelayan tetap memiliki warna cerah hingga saat ini, dan kini menjadi salah satu tempat wisata unik yang kerap dikunjungi oleh para traveller.

Namun, kini nampaknya pemerintah setempat memberikan peraturan tersendiri tentang pemilihan warna yang harus dipakai untuk setiap rumah. Para nelayan yang ingin mengecat bagian rumah mereka, maka mereka tidak boleh asal memilih warna sesuai dengan yang mereka inginkan. Namun, mereka harus mengajukan pemberitahuan lewat surat terhadap pemerintah mereka, dan dari pihak pemerintah pun akan menentukan warna seperti apa yang boleh dan harus dipakai untuk setiap masing-masing rumah.

Setiap peraturan yang berlaku tentu memiliki tujuan. Peraturan tersebut mungkin bermaksud untuk menghindari kesamaan warna secara tidak sengaja, dan menjaga warna cerah sebagai ciri khas penduduk Burano. Dengan demikian, pemerintah turut andil untuk menjaga kelestarian citra yang ada di pulau ini dengan mengatur warna rumah yang digunakan oleh para penduduknya.